TIPS BERMAIN GITAR UNTUK PEMULA

Gitar adalah salah satu instrumen yang paling populer. Pertama, instrumen ini cukup mudah untuk dipelajari, dan sekali Anda telah belajar beberapa kord dasar, Anda dapat memutar ratusan lagu-lagu populer. Kedua, ini adalah instrumen penting untuk mendampingi penyanyi, bahkan satu gitar saja bisa memberikan suara dukungan yang baik untuk sebuah lagu. Akhirnya, meskipun mungkin relatif mudah untuk memulai dengan akord sederhana, memiliki potensi yang hampir tak terbatas untuk pemain maju - Anda benar-benar tidak pernah berhenti belajar.

Jadi jika Anda ingin belajar cara bermain gitar, berikut adalah 5 tips untuk membantu Anda memulainya.

1) Dapatkan Sebuah Gitar yang Layak

Jelas, hal pertama yang Anda butuhkan adalah gitar, atau setidaknya dapat meminjam satu untuk belajar. Tips bermain gitar yang pertama dari saya adalah bahwa untuk belajar, Anda harus berinvestasi dalam kualitas gitar yang wajar. Gitar yang murah biasanya kurang baik. Mereka sering memiliki masalah dengan pengaturan mereka atau tuning, dan ini dapat mengakhiri permainan anda untuk selamanya. 

Ini tidak berarti bahwa Anda harus pergi keluar dan membeli gitar paling mahal. Seharusnya mungkin untuk menemukan model berkualitas dengan harga terjangkau dan baik bila digunakan untuk belajar. Yang paling penting adalah harus tetap selaras, dan 'tindakan' nya (yang berarti ketinggian senar di atas fretboard) tidak boleh terlalu tinggi, selain itu akan merasa sulit untuk menekan senar dengan benar.

Pertimbangan lain adalah apakah untuk mendapatkan sebuah gitar akustik atau listrik. Gitar akustik umumnya baik untuk belajar, cenderung keseluruhan lebih murah daripada listrik, dan Anda tidak perlu khawatir tentang amplifier. Namun, ini sangat tergantung pada gaya musik yang Anda ingin mainkan. Jika Anda benar-benar ingin bermain rock atau gaya metal, Anda akan lebih baik memulai dengan sebuah gitar listrik dari awal.

Ada banyak tempat untuk membeli gitar, dan Anda bisa mendapatkan beberapa transaksi besar pada yang bekas. Tempat yang baik untuk mulai mencari adalah toko alat musik lokal di daerah Anda. Mereka mungkin mempunyai stok bekas serta model baru, dan dapat memberikan nasihat tentang tuning dan merawat gitar Anda. Jika Anda tahu seseorang yang sudah bisa bermain, ajaklah mereka untuk membantu anda dalam memilih gitar yang ingin anda beli.

ebook belajar gitar banner

2) Belajar Untuk Tune gitar anda sendiri

Setelah Anda punya gitar yang berkualitas baik untuk belajar, salah satu hal pertama yang harus dilakukan adalah belajar bagaimana menyetel senar dengan benar. Akord gitar yang paling dasar masih akan terdengar baik pada gitar jika senar selaras. Dimainkan dengan senar tidak selaras meskipun, dan mereka dapat terdengar mengerikan, bahkan jika Anda menekan semua not dengan tepat.

Langkah pertama adalah untuk menyempurnakan string paling atas (string 'E' bagian atas). Hal ini dapat diatur untuk not yang sama seperti piano atau keyboard ('E' catatan tepat di atas tengah 'C'). Mainkan garpu tala atau not pada piano, kemudian dengarkan string atas pada gitar. Jika not terdengar berbeda, gunakan pasak tuning pada gitar untuk yang string atas untuk menyesuaikan not atas atau bawah, sesuai kebutuhan.

Kemudian, tune string kedua ('B') untuk mencocokkan satu atas. Lakukan ini dengan memainkan string kedua pada kolom 5, dan kemudian dengarkan  string atas. Sesuaikan pasak tuning untuk string kedua sampai not terdengar sama (jangan menyentuh pasak tuning untuk string pertama).

String yang ketiga, 'G' disetel dengan memainkan not pada fret ke-4 pada string ini, not harus sesuai dengan string kedua. Senar yang tersisa yang disetel dengan cara yang sama, dengan bermain not pada kolom 5 string, yang harus sesuai not terdengar oleh string di atas.

Tuner elektronik juga bisa membantu anda untuk tune gitar anda sendiri, mereka menunjukkan dengan tepat ketika string tertentu sudah selaras. Ini masih layak belajar metode di atas.

3) Anda Harus Komitmen Untuk Latihan Dalam Waktu Tertentu

Akan lebih bagus jika Anda bisa membeli gitar, kemudian segera mulai bermain akord kompleks dan solo di atasnya. Sayangnya, itu tidak akan terjadi, seperti ketika Anda belajar bermain gitar, Anda harus latihan secara teratur, pertama untuk mempelajari dasar-dasar, teknik kemudian yang lebih kompleks.

Saat pertama kali mulai belajar gitar dan melatih jari-jari Anda untuk membuat bentuk chord tertentu mungkin terlihat sulit pada awalnya. Namun, dengan memiliki beberapa sesi latihan rutin setiap minggu, Anda akan mulai mendapatkan 'jari memori' yang dibutuhkan untuk memainkan akord tanpa berpikir, itu akan menjadi otomatis.

4) Pelajari Chord-chord dasar

Ada beberapa akord dasar yang akan Anda pelajari ketika memulai. Ini cukup banyak semua terbentuk dalam frets tiga pertama pada leher gitar, dan biasanya terdiri dari E akord mayor, A, D, CG, dan mungkin beberapa akord minor, seperti Am, Dm.

Jika Anda menghabiskan waktu belajar bermain akord dasar ini juga, sehingga Anda dapat membentuk pola chord cepat dan mudah dengan tangan kiri Anda, dan beralih di antara mereka sudah lancar, maka Anda akan dapat memainkan berbagai macam lagu yang berbeda dengan hanya  beberapa akord ini saja. Bahkan hanya dengan 3 akord G, C dan D, banyak lagu dapat disesuaikan dengan menggunakan akord ini.

Ketika belajar, ini adalah titik yang bagus untuk mencapai dalam bermain gitar Anda. Kebanyakan orang, akan memberikan alasan mereka ingin belajar bermain gitar untuk dapat memainkannya dengan lagu. Jika Anda sampai ke titik dimana anda bisa bermain beberapa akord ini  dengan irama teratur, dan beralih di antara mereka dengan cukup cepat, Anda akan mendapatkan hasil nyata dan  mampu memainkan beberapa  lagu, dan akan termotivasi untuk terus belajar.

Anda mungkin menemukan ketika belajar bahwa diperlukan beberapa saat untuk mendapatkan ke titik ini. Misalnya, jari-jari Anda tampaknya tidak membentuk pola chord cukup cepat, atau Anda bisa main di satu akord mudah, tapi akord perubahan perlu waktu, dan tidak terdengar halus.

Jangan putus asa! Kunci untuk mengatasi ini adalah latihan yang teratur, dan hal memperlambat kanan bawah sampai Anda dapat mengubah akord pada kecepatan itu. Lalu perlahan-lahan meningkatkan kecepatan, dan Anda akan menemukan bahwa perubahan akord datang jauh lebih mudah. Metronom adalah alat yang baik untuk digunakan saat berlatih seperti ini, karena akan terus berdetak keluar mengalahkan yang Anda butuhkan untuk mempertahankan saat bermain.

5) Gunakan Video Untuk belajar agar kemampuan Anda meningkat

Ujung akhir di sini ketika belajar cara bermain gitar, adalah untuk membuat sebagian besar berbagai pelajaran gitar berbasis video yang ada di luar sana sekarang.Tidak ada yang mengalahkan satu-ke-satu pelajaran dengan instruktur pribadi Anda sendiri, tapi kalau itu tidak tersedia bagi Anda, maka video pelajaran gitar adalah hal terbaik berikutnya. Dan Anda dapat melihat mereka berulang-ulang, pastikan Anda memahami setiap bagian.

Video pelajaran, baik pada DVD atau melalui halaman Web online dan media, tidak ternilai untuk membantu Anda belajar gitar. Itu salah satu hal untuk melihat gambar atau diagram kord dalam sebuah buku, tetapi benar-benar membantu Anda memahami bagaimana memainkannya jika Anda benar-benar menonton orang lain bermain lebih dulu.

Source: BelajarGitar101.com